5 Rekomendasi Masakan Khas Jawa Timur

By Last Updated: 29 January 2024
5 rekomendasi masakan khas jawa timur

Selain budaya, setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan masakannya alias kulinernya masing-masing. Begitu pula wilayah paling timur Pulau Jawa atau Provinsi Jawa Timur. Kutipan dari buku “Pengolahan Makanan Nusantara” karya Wahyuningsih: Masakan khas Jawa Timur biasanya mempunyai rasa  gurih, asam, dan pedas karena biasanya ada terasi atau petis sebagai bumbu masakannya. Penasaran dengan makanan dari daerah paling timur Pulau Jawa ini? Simak daftar makanan khas Jawa Timur berikut,

5 Rekomendasi Masakan Khas Jawa Timur yang wajib anda coba

1. Soto Lamongan

Source : Soto Lamongan by Royco

Lamongan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan racikan Soto Lamongan yang berbahan dasar ayam kampung. Soto Lamongan berkuah Kuning ini enaknya selalu bikin ketagihan. Soto ini biasa dijual di gerobak, warung tenda, dan rumah makan.

Sekilas, Soto Ayam Lamongan terlihat seperti sop ayam biasa dengan kuah kuning. Namun, jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan melihat perbedaannya. Soto Lamongan selalu hadir dengan bubuk berwarna kuning pucat yang bernama Koya. Asalnya dari  kerupuk udang yang ditumbuk halus. Oleh karena itu, jika kuah Soto Lamongan dicampur dengan Koya, kuahnya sedikit mengental dan menjadi sangat nikmat.

2. Pecel Lele

Pecel Lele

Source : https://thegorbalsla.com

Pecak Lele, atau Pecel Lele merupakan masakan khas Jawa Timur yang terdiri dari ikan lele dan sambal tomat. Pecel lele biasanya adalah ikan lele yang digoreng  dengan minyak dan disajikan dengan saus tomat dan lalapan. Sayuran mentah yang umum termasuk kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang.

Makanan ini sangat populer di Pulau Jawa sebagai alternatif pengganti masakan ayam, khususnya ayam goreng. Pecel ikan lele biasanya dilakukan dengan cara yang sama seperti penyajian  ikan gurami, nila, dll. Artinya disajikan dengan sambal khas dengan sedikit terasi dan lalapan seperti kacang panjang, timun, dan kemangi.

Banyak terdapat warung pecel lele  di kota dan pinggir jalan yang disebut PKL, Lesehan Pecel Lele, dan di beberapa kampus, seperti di Jawa, banyak warung yang melayani mahasiswa karena harganya yang relatif murah. Penjual pecel lele biasanya merupakan asal Lamongan, Jawa Timur.

3. Rawon

Rawon

Source : https://lottemart.co.id/

Merupakan masakan berkuah dengan potongan daging empuk serta aroma khas dan warna gelap coklat, Rawon daging sapi bisa dijadikan sajian Idul Adha. Rawon merupakan makanan khas  Jawa Timur yang enak dan digemari banyak orang. Bahkan, tidak hanya popular di kalangan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur saja, tapi juga masyarakat luar Jawa dan asing dari luar negeri.

4. Tahu Tek

Tahu Tek

Source : https://www.fimela.com

Merupakan makanan tradisional yang populer di Surabaya, Tahu Tek berisi tahu goreng setengah matang, lontong, kentang, dan tauge beserta saus kacang dan petis. Penjual tahu tek di Surabaya sering juga  menambahkan telur dadar dan kerupuk udang.

5 Gado-Gado

Gado- Gado

source : https://www.masakapahariini.com

Hidangan mirip salad ini bahan dasarnya dari aneka  sayuran segar. Dengan taburan saus kacang, keripik melinjo goreng atau kerupuk udang, lontong, tahu, irisan telur  rebus, dan dengan sambal.

Nah itu tadi adalah Daftar Masakan Khas Jawa Timur yang Wisata Jatim rekomendasikan. Jika Kamu sedang berada atau berencana bepergian ke daerah Jawa Timur dan sedang mencari tempat sewa mobil murah dan professional, PT Wisatajatim trans Indonesia adalah pilihan yang tepat.

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim