Kuliner Khas Tuban

By Last Updated: 26 December 2023
kuliner khas tuban

Ingin mudik atau berencana berlibur ke Tuban? Tuban tak hanya menyuguhkan panorama indah, tapi juga kuliner khas dengan cita rasa yang unik. Oleh karena itu, penting untuk mencoba kuliner khas Tuban atau makanan khas Tuban selama berkunjung kesana, karena ada beberapa masakan khas yang tidak dijual di luar Tuban.

 

Daftar Kuliner Khas Tuban

Beberapa dari Kamu mungkin belum pernah mendengar nama kuliner-kuliner dibawa ini, namun makanan di bawah ini sama lezatnya dengan masakan khas Indonesia lainnya. Kali ini Mimin akan memperkenalkan daftar kuliner khas Tuban yang wajib kamu coba, mulai dari yang berkuah hingga yang out out the box seperti ada ada juga yang tanah liat!

Baca Juga :

 

Ampo

ampo

Ampo berbahan dasar campuran tanah dan air. Kemudian aduk adonan hingga rata dan bentuk menjadi kotak besar. Selanjutnya, gunakan pisau atau pisau bambu untuk mengiris adonan berbentuk persegi menjadi batangan bulat. Ampo dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, panggang ampo di atas kompor hingga menghitam, 30 menit hingga satu jam.

Menurut penduduk setempat, Ampo rasanya seperti kacang. Kalau tidak, ampo memiliki konsistensi yang cukup renyah. Jajanan Tuban ini biasanya dinikmati bersama teh atau kopi. Sekadar informasi: Kebiasaan mengonsumsi makanan yang terbuat dari tanah disebut geophagy.

Ampo dibuat hanya dari tanah liat. Namun lahan yang digunakan lebih dari sekedar lahan. Umumnya tanah liat hitam. Penduduk setempat percaya bahwa Ampo mempunyai khasiat untuk melancarkan pencernaan. Jajanan ini juga sering digunakan sebagai obat segala macam penyakit.

 

Dumbek

dumpak

Jajanan tradisional lainnya yang sangat melegenda adalah dumbek. Dumbek sendiri merupakan wisata kuliner Tuban dengan cita rasa manis dan gurih. Karena jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, santan, kelapa parut, dan garam. Bentuknya kuncup seperti terompet. Biasanya jajanan ini mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau di pasar tradisional.

 

Becek menthok

becek mentok

Becek Menthok merupakan salah satu wisata kuliner yang ada di Tuban dan mempunyai cita rasa yang sangat kuat. Pasalnya, banyak bumbu dan rempah yang digunakan dalam pengolahan lumpur Becek Menthok yang terbuat dari menseki. Membuat Becek Menthok sendiri tidaklah sulit. Sebelumnya Becek Menthok cukup dibersihkan, ditaburi bawang putih, kunyit, daun jeruk, dan ketumbar, lalu haluskan hingga lembut. Selanjutnya tumis bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, ketumbar, jahe, daun jeeras yang dihaluskan dan lengkuas. Selanjutnya masukkan Becek Menthok yang sudah matang dan bumbui dengan garam dan santan. Rebus hingga mendidih lalu taburi dengan irisan bawang goreng. Becek Menthok biasanya disajikan dengan sate Becek Menthok.

 

Pecel tuban

pecel tuban

Siapa yang mengaku penggemar Pecel Tuban yang tersaji dengan alas daun jati? Nasi Pecel Tuban nikmat dengan bumbu kacang halus khasnya. Di Tuban sendiri pecel mudah ditemukan, namun bumbunya belum tentu manis. Bahkan, ada beberapa warung yang menawarkan pecel rasa pedas untuk menggugah selera pengunjung. Pecel disajikan dengan kombinasi sayuran, tempe, tahu, lode, payek atau kerupuk.

 

Legen

legen

Legen merupakan minuman khas Tuban yang diperoleh dari pohon lontar atau siwalan. Minuman ini merupakan salah satu produk unggulan daerah Tuban karena disajikan tanpa bahan pengawet apapun, namun hanya memiliki umur simpan 12 hari jika disimpan dalam suhu dingin. Fermentasi dari legen sendiri dapat menjadi tuwak yang pastinya menjadi non halal ya.

 

Nah itu tadi adalah daftar kuliner khas Tuban yang wajib banget Kamu Cobain. Nah jika Kamu sedang berada diluar Kota Tuban dan berencana mengunjungi Kota Tuban, kamu bisa memilih PT Wisatajatim trans Indonesia untuk menemani perjalanan kamu. Sewa Avanza Tuban juga bisa jadi pilihan tepat untuk liburan kamu. Kami siap menemani keluh kesah perjalan Kamu.

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim