Makanan Khas Gresik

By Last Updated: 30 December 2023
makanan khas gresik

Gresik merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang dikenal juga dengan sebutan “Kota Santri”. Istilah ini tidak terlepas dari sejarah pesatnya penyebaran agama Islam di Gresik. Kehadiran dua Wari dari sembilan Wari Songo juga menjadi salah satu alasan julukan tersebut. Kedua dewa penjaga tersebut  adalah Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Lokasi Gresik yang berdekatan dengan Kota Lamongan di sebelah barat dan Surabaya di sebelah selatan memungkinkan Anda menikmati beragam kuliner.

Meski termasuk kota kecil, Gresik menawarkan banyak wisata. Mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga kulinernya. Makanan berat hingga makanan ringan lengkap ada di Gresik. Baca terus untuk mengetahui makanan khas Gresik.

 

Daftar Makanan Khas Gresik

Selain terkenal sebagai kota industry, ternyata Gresik juga terjenal dengan beberapa makanan khasnya loh. Penasaran dengan daftar makanan khas Gresik? Simak daftar dibawah ini.

Baca Juga :

 

Otak-Otak Bandeng

Otak-Otak Bandeng

Sebagai makanan favorit banyak orang jawa, otak-ootak bandeng memang makanan khas Gresik. Makanan ini sangat enak dan cukup disajikan hanya dengan nasi hangat dan sambal saja. Otak-Otak Bandeng dihasilkan melalui proses yang cukup panjang. Pertama, tumbuk daging ikan mentah menjadi daging cincang. Proses ini dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian luar atau kulit. Setelah dipotong, keluarkan daging ikan dari perutnya dan bersihkan organ dalamnya. Selanjutnya, bumbu dan rempah tradisional ditambahkan dan daging dimasukkan kembali ke dalam kulit. Lalu panggang ikan hingga matang.Makanan khas Gresik ini biasanya dijual di tempat oleh-oleh.

 

Bonggolan

Bonggolan

Masih banyak orang yang baru mengenal jajanan jenis ini. Bonggolan terbuat dari tepung kanji dan daging ikan sebagai bahan utamanya. Jenis ikan yang digunakan antara lain ikan tenggiri, payus, dan plaosan yang mirip dengan ikan tenggiri. Makanan ini hampir sama dengan pempek yang ada di palembang, baik dari bahan yang digunakan maupun proses pembuatannya. Cuci bahan ikan yang sudah disiapkan, buang dagingnya saja, dan pisahkan tulang punggungnya. Selanjutnya campurkan tepung kanji dengan tepung roti khusus. Adonan yang sudah jadi  dibentuk menjadi lonjong yang cukup besar. Langkah terakhir adalah merebusnya hingga matang. Hidangan khas Gresik ini disajikan dengan saus tomat. Sederhananya, Bonggolan adalah bahan baku kerupuk ikan yang setengah jadi.

 

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan makanan olahan yang  bahan utamanya adalah daging sapi. Hidangan ini sangat terkenal di kota-kota sekitar Gresik karena rasanya yang lezat. Daging sapi dicincang dan dimasak dengan bumbu pilihan. Selain daging, terdapat bagian lain pada sapi, seperti lambung, hati, organ dalam, dan mulut sapi. Cara menyantapnya juga unik karena penggunaan daun pisang sebagai bahan dasarnya membuat aroma dan rasanya semakin nikmat. Tiap porsi Nasi Krawu berisi nasi putih, suwiran daging, serundegu kelapa parut, dan sambal yang pedas dan nikmat. Meski terlihat sederhana, namun rasanya membuat ketagihan.

 

Martabak Usus

Martabak Usus

Pernah dengar martabak usus makanan khas Gresik? Martabak khas Gresik adalah sejenis masakan usus goreng. Isian martabak usus ini terdiri dari olahan bihun yang dicampur dengan telur dan usus. Sebelumnya usus dan bihun  dimasak  terpisah. Tambahkan potongan cabai untuk rasa yang lebih sempurna. Petisnya sendiri dibuat dengan cara menumis bawang putih, cabai, garam dan gula lalu dicampur dengan air. Rasanya sangat lezat sehingga Anda pasti ingin mencicipinya segera setelah siap saat masih hangat.

 

Jubung

Jubung

Setelah mengulas makanan-makanan asin diatas, kini waktu ya mengulas satu makanan manis khas Gresik. Adalah Jubung, masakan khas Gresik ini berbahan dasar ketan hitam dan ditaburi biji wijen. Jubung biasanya dimasak dengan penutup berwarna putih yang terbuat dari daun pinang muda. Pembuatannya sendiri memakan waktu sekitar 24 jam. Jubung tidak hanya lezat tetapi juga awet dan tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga Anda.

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim