7 Masjid Terunik di Jawa Timur – Wisata Jatim

By Last Updated: 1 February 2024
7 Masjid Terunik di Jawa Timur, Rekomendasi Wisata Jawa Timur, Rekomendasi Masjid Terindah di Jawa Timur

Indonesia dikenal sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Masjid merupakan bangunan yang sangat penting digunakan sebagai tempat beribadah umat Islam. Namun masjid tersebut tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga tempat wisata yang masing-masing memiliki kearifan lokal dan keunikan tersendiri.

Daftar Masjid Unik di Jawa Timur

Wisata religi merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Salah satu wisata religi yang bisa dilakukan adalah mengunjungi masjid-masjid  bersejarah dengan arsitektur unik dan indah. Simak terus untuk tahu tentang daftar masjid unik di Jawa Timur:

1. Masjid Ar Rahman

Masjid Ar Rahman, Masjid, Rkkomendasi Wisata Jawa Timur, Rekmendasi Wisata Religi Jawa Timur

Source : www.ngopibareng.id

Ada Masjid al-Rahman. Ini adalah bangunan yang sangat unik yang berbentuk seperti kapal pesiar. Dibangun pada tahun 2016 dan berukuran 45 x 25 meter. Saat Anda masuk ke dalam, Anda akan merasa seperti berada di atas perahu. Lantai bawah masjid ini digunakan sebagai asrama putri. Terdapat musholla di lantai dua atau dek kapal. Oleh karena itu, di dalam masjid terdapat ruang tersendiri antara tempat ibadah dan kegiatan lainnya.

2. Masjid Tiban Turen Malang

Source : www.liputan6.com

Pada dasarnya Masjid Tiban adalah sebuah  pesantren yang bernama Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Pondok pesantren ini  sering Kita sebut dengan Pondok Bi Ba`a Fadlrah yang artinya Lautan Madu. Nama tersebut menyampaikan harapan agar seluruh pengunjung mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Masjid Tiban tidak lepas dari cerita bahwa masjid ini dibangun dengan bantuan makhluk halus. Kisah tersebut didasarkan pada proses pembangunan masjid yang diyakini terjadi secara tidak kasat mata dan terlalu cepat. Namun pihak  pesantren membantah cerita tersebut.

3. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep, Rekomendasi Wisata Jawa Timur, Rekomendasi Wisata Religi Jawa Timur, Masjid Indah di Jawa Timur

Source : kubahmasjid.com

Masjid Agung Sumenep merupakan masjid kedua yang didirikan oleh bangsawan Keraton Sumenep. Mereka sebelumnya telah membangun  masjid tepat di belakang kompleks istana.

Masjid Raju, sesuai dengan namanya, dirintis oleh Kanjen Raden Tumengun Ario Angadipa, penguasa Sumenep ke-21. Natakusma Senang sekali melihat Masjid Agung Sumenep. Puluhan tahun setelah masjid ini didirikan, sang pangeran menulis surat wasiat yang ditujukan terutama kepada penerusnya, yakni Abdulrahman Tirtdiningrat, Adipati Sumenep ke-32.

4. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya, Rekomendasi Wisata Jawa Timur, Rekomendasi Wisata Religi Jawa Timur, Masjid Indah di Jawa Timur

Source : lpminstitut.com

Nama masjid ini diambil dari nama Cheng Ho, seorang Muslim besar yang pernah berlayar dari Tiongkok ke pesisir Afrika. Kedatangan Tuan Zheng He saat itu disambut dengan baik karena beliau menghormati daerah yang dikunjunginya. Masjid Agung Cheng Ho Surabaya adalah masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang terletak di Jalan Gading, Ketabang, Provinsi Kechi.

5. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Source : www.tvonenews.com

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995, berdasarkan ide Walikota Surabaya saat itu. Pembangunan masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI. Luas bangunannya  28.509 meter persegi dan mampu menampung 36.000 jamaah. Masjid nasional ini dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995.

6. Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira Lamongan, Rekomendasi Wisata Jawa Timur, Rekomendasi Wisata Religi Jawa Timur, Masjid Indah di Jawa Timur

Merupakan masjid termegah di Lamongan, sehingga Masjid Namira menjadi sebuah kebanggaan bagi warga sekitar. Masjid ini telah beroperasi  hampir 11 tahun. Saat Masjid Namira pertama kali dibangun, hanya mampu menampung sekitar 500 jamaah. Pemiliknya adalah Helmy Riza dan Any Yuri Arafa.

Mereka merupakan keturunan keluarga Muhammadiyah. Anda seorang pengusaha di Kabupaten Ramongan. Mereka menjalankan toko emas, pompa bensin, dan peternakan ikan. Nama Namira diambil dari nama putrinya Ghaisani Namira Mirza. Itu adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Masjid ini direnovasi pada bulan Oktober 2016 dan memiliki luas 2.750 meter persegi. Masjid Namira saat ini menyediakan ruang untuk kurang lebih 2.500 jamaah.

7. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban

Source : www.tvonenews.com

Kemegahan Masjid Agung Tuban jika dilihat sekilas menyerupai bangunan-bangunan di Timur Tengah. Bangunan ikonik ini terletak di sebelah barat alun-alun. Ornamen yang menghiasi setiap dinding memikat hati masyarakat dan pengunjung yang mampir. Sebuah masjid  tak jauh dari  makam Senan Bonang dihiasi payung berukuran besar. Pengamat sejarah Tuban Mutribin Urum mengatakan Masjid Agung Tuban telah lama menjadi salah satu pusat transmisi Islam.

Nah, itulah 7 masjid terunik di Jawa Timur versi Wisata Jatim. Benar-benar indah dan menakjubkan desain dari masjid tersebut yang tentu tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke daerah tersebut. Masih banyak tempat maupun monumen dengan keindahan yang belum dan perlu kita explore lebih jauh. Untuk informasi terupdate tentang blog wisata ataupun rental mobil Jawa Timur jangan lewatkan update terbaru dari wisata jatim.

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim