Semakin Hijau, Ini Potret Kondisi Gunung Bromo Pasca Kebakaran

By Last Updated: 23 December 2023
gunung bromo

 Semakin Hijau, Ini Potret Kondisi Gunung Bromo Pasca Kebakaran — Masih ingat tragedi kebakaran Bromo yang sempat viral kemarin? Nggak nyangka, sekarang kondisi Bromo malah menjadi semakin hijau dan subur banget lho. Savana dan bukit teletubbis yang sempat hangus terbakar kini sudah kembali hujau. Jadi tidak hanya subur, padang rumput di Bromo malah tumbuh dengan makin cepat.

Bukit Teletubbies seakan menjadi nyata dengan hamparan bukit hijau yang luas. Kalau foto di Bromo, pastinya foto kamu akan menjadi estetik dengan tema yang fresh banget.

Baca Juga :

 

Penjelasan Gunung Bromo semakin hijau pasca kebakaran

gunung bromo waktu kebakaran

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana bisa setelah hangus terbakar, Gubung Bromo malah menjadi semakin hijau dan subur? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho. Fenomena tersebut ternyata ada alasannya secara ilmiah, oleh @tanduria, akun edukasi di TikTok yang biasa mengulas tema tanaman dan berkebun.

“Mengapa bromo berubah menjadi hijau saat terbakar,” tulis akun yang mengunggah video pada 20 November 2023. Padang rumput di Pulau Bromo tidak hanya semakin subur, namun juga berkembang sangat pesat.

“Nah, yang hitam itu arang. Arangnya merupakan sisa pembakaran tidak sempurna, dan warna abu-abunya jelas adalah abu,” jelasnya. Ia juga berbicara tentang tanah paling subur di dunia, terletak di hutan Amazon, atau bisa Kamu sebut juga terapreta, komposisinya sebagian besar terdiri dari arang. Jika di tanam di darat, tanaman tumbuh berkali-kali lipat lebih cepat dan lebih subur. Dari kesamaan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa alasan mengapa Gunung Bromo lebih subur adalah karena kebakaran kemarin secara alami menambah arang ke dalam tanah.

“Selain itu, warna hijau Bromo setelah terbakar seolah menyampaikan pesan bahwa meskipun kita hancur hingga tidak lagi terlihat seperti kita, kita masih bisa tumbuh dan bangkit dengan lebih indah dari sebelumnya.” tutupnya .

 

Bromo Menduduki Peringkat Taman Nasional Terindah Urutan Ketiga di Dunia

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur sebagai salah satu taman nasional terindah dunia tahun 2023 versi majalah Bounce. Bounce adalah platform layanan perjalanan yang berbasis di San Francisco, California, AS.

TNBTS berada di peringkat ketiga di belakang Taman Nasional Kruger Afrika Selatan di peringkat pertama dan Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brazil di peringkat kedua.

Pada postingan Instagram kumulatif tahun 2023, penayangan TikTok, ulasan online, dan pencarian kata kunci di Google akhir-akhir ini menjadikan Bromo berada di peringkat ketiga. Dalam daftar Bounce, peringkat Bromo jauh melampaui Taman Hutan Nasional Zhangjiajie Tiongkok dan Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. di Jepang.

“Alhamdulillah. Selain Kawah Ijen sebagai Taman Dunia UNESCO pada Juni 2023, ada juga Bromo di Jawa Timur yang keindahannya sudah diakui dunia. Alhamdulillah Anugerah besar dari Allah SWT tiada batasnya , tanah Majapahit,” kata Bu Khofifah dalam keterangannya, Sabtu (12 Februari 2023).

Bounce menyebutkan, postingan terkait Bromo Tengah Sumeru mendapat 1 miliar penayangan di TikTok dan lebih dari 930.000 postingan di Instagram. Bukan itu saja. Taman nasional ini juga memiliki ulasan yang sangat baik dengan 4,8 bintang.

 

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim