Tempat Wisata Bojonegoro

By Last Updated: 23 December 2023
rekomendasi wisata di bojonegoro

Provinsi Jawa Timur kaya akan destinasi wisata populer dan menarik yang tak habis-habisnya jika Kamu kunjungi. Tak terkecuali Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten Bojonegoro yang terletak di Provinsi Bagian Timur bisa juga kita sebut dengan nama kota Ledre. Julukan yang diberikan kepada Provinsi Bojonegoro rupanya tak jauh dari makanan khas yang banyak dikonsumsi di wilayah tersebut: ledre. Namun selain itu Bojonegoro tidak hanya terkenal karena ledre-nya. Karena letaknya yang bergunung-gunung, Kabupaten Bojonegoro juga kaya akan panorama alam di sekelilingnya yang mempesona. Simak terus tentang berbagai tempat wisata Bojonegoro.

 

Daftar Wisata Bojonegoro

Bojonegoro adalah kawasan strategis yang mudah Kamu akses dengan berbagai sarana transportasi. Dari pesawat, bus, dan mobil, semuanya mudah. Apalagi Bojonegoro terletak di perbatasan provinsi Tuban, Nganjuk, Ngawi, dan Blora sehingga cocok menjadi destinasi wisata di Jawa Timur. Penasaran apa saja daftar wisata bojonegoro? Simak sampai habis ya.

Baca Juga :

 

kayangan api

kayangan api

tempat wisata yang paling terkenal di Bojonegoro adalah kayangan api. Kayangan Api merupakan sumber api abadi yang terletak di dalam hutan lindung. Tempat wisata di Bojonegoro ini konon sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Api tersebut disebabkan oleh fenomena geologi ketika gas alam terbakar di seluruh bumi. Ciri khasnya adalah apinya tidak pernah padam meski hujan. Api Kayangan Api merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

 

Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi

Siapa sangka terminal yang dulunya gelap, kotor, dan bau sudah menjadi taman cantik. Ya, Taman Rajekwesi kini menjadi salah satu ikon kota Bojonegoro. Lokasinya luas dan terletak di jantung kota,  Jalan MH Thamrin, Desa Klangon, Kecamatan  Bojonegoro. Taman ini memberikan keseimbangan pada polusi kota dan merupakan tempat yang bagus untuk beristirahat. Saat pagi hari datang, lansia memiliki berkesempatan untuk berjalan-jalan atau jogging di Taman Rajekwesi. Terdapat juga area bermain untuk anak-anak.

 

Negeri di Atas Angin

Negeri di Atas Angin

Meski semua tempat wisata Bojonegoro layak dikunjungi, yang paling banyak menarik perhatian wisatawan adalah “Negeri di Atas Angin.” Karena letaknya di ketinggian kurang lebih 650 meter, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan dari atas. Sebenarnya wisatawan bisa berkemah di Bukit Cinta atau sekedar menyaksikan indahnya matahari terbenam (sunset). The Land on the Wind ini tidak hanya bisa menjadi destinasi wisata, namun juga sering menjadi lokasi pemotretan pre-wedding yang populer. Meski letaknya di tempat tinggi, namun tidak memiliki tanjakan yang curam dan akses yang mudah. Jadi jika tak ingin  ke puncak, Kamu juga bisa menikmati pemandangan di bawah bukit yang juga tak kalah indahnya.

 

Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor

Bojonegoro memiliki banyak wisata air terjun, salah satunya yang terbaik adalah Air Terjun Kedung Maor. Juga berjuluk “The Little Niagara”, air terjun Kedung Maor sangat luas dan tinggi. Airnya sebenarnya tergantung musim, jadi air sangat tinggi pada musim hujan. Pemandangan yang ada biasa mereka sebut sebagai Little Niagara-nya Bojonegoro. Air yang jatuh langsung mengalir ke sungai yang sangat lebar. Di sungai  terdapat bebatuan besar yang bisa menjadi tempat duduk atau menjadi spot selfie yang bagus. Namun, berhati-hatilah saat bepergian ke sini karena aksesnya tidak mudah dan jalan belum sepenuhnya mereka perbaiki.

 

Watu Gandul

Watu Gandul

Watu Gandul merupakan sebuah rangkaian bebatuan besar akibat letusan gunung berapi  masa lalu yang konon berasal dari  Gunung Pandan. Batu andesit yang berukuran sangat besar tersusun secara alami, namun jika Kamu lihat langsung Kamu tidak akan percaya kalau batu tersebut terbentuk tertata secara alami. Karena merupakan bangunan masa lalu, masyarakat setempat menyebutnya Watu Gandul alias batu gantung. Namun, sebagian warga percaya bahwa batu-batu besar tersebut sebenarnya ditempatkan oleh nenek moyang kuno mereka pada Zaman Batu. Karena bentuknya yang unik — tiga buah batu besar bergantung secara bertingkat. Bebatuannya sangat cocok untuk selfie, seolah-olah Kamu sedang mengangkat batu besar dengan kedua tangan.

 

Nah itu tadi adalah daftar rekomendasi wisata Bojonegoro. Jika kamu berminat mengunjungi Bojonegoro, kamu bisa menggunakan travel dari PT Wisatajatim Trans Indonesia yang sudah berpengalaman puluhan tahun dan yang pasti seluruh staffnya professional. Kami siap menemani keluh kesah perjalanan Kamu.

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim