Wisata Populer di Banyuwangi

By Last Updated: 22 December 2023
rekomendasi wisata di banyuwangi

Wisata Populer di Banyuwangi — Banyuwangi merupakan kabupaten paling timur di provinsi Jawa Timur. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi mendapat julukan “Sunrise of Java”. “Sunrise of Java” tidak hanya  memiliki pesona tersendiri, namun juga memiliki banyak keajaiban yang mungkin saja belum diketahui masyarakat Indonesia. Dengan luas total  5,7 ribu kilometer persegi,  Banyuwangi bahkan lebih besar dari Pulau Bali.

Daftar Wisata Populer Banyuwangi

Sebagian wilayah Banyuwangi juga dimiliki oleh tiga taman nasional: Meru Betiri, Alas Purwo, dan Baluran. Salah satu dari sekian banyak pantai indah di banyuwangi adalah Pantai Plengkung di banyuwangi yang menjadi salah satu Pantai dengan ombak terbaik di dunia. Saking bagusnya, hutan Djawatan di Banyuwangi jika dilihat sekilas mirip dengan lokasi syuting film “The Lord of the Rings”, bukan? Deretan pepohonan raksasa menciptakan suasana ala magis. Selain itu, hanya ada dua tempat di Bumi di mana Kamu bisa melihat api biru atau yang biasa kita sebut dengan blue fire. Yakni di Islandia dan  Gunung Ijen Banyuwangi. Bangga nggak sih? selain yang sudah disebutkan, Banyuwangi punya banyak wisata yang hits. Penasaran dengan  daftar Wisata Populer Banyuwangi ? baca terus ya.

 

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Merupakan tempat wisata  di Banyuwangi yang paling populer di kalangan wisatawan Indonesia. Terletak di perbatasan Provinsi Banyuwangi dan Bondowoso di Jawa Timur, Kawa Ijen populer tidak hanya karena kawahnya yang hijau dengan panorama yang indah, tetapi juga terkenal dengan penambangan belerangnya. Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik bernama Blue Fire atau Api Biru  oleh pembakaran gas belerang yang keluar dari celah-celah gunung berapi Ijen dan suhunya bisa mencapai 600 derajat Celcius.

Blue Fire Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia sebelum Gunung Dallol di Ethiopia. Pendakian menuju kawah Ijen  sendiri menempuh jarak 3 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 hingga 2 jam tergantung kecepatan berjalan kaki. Peringatan: Mengingat harus mendaki dan bau belerang yang menyengat di sekitar kawah, aktivitas ini sangat tidak direkomendasikan untuk orang lanjut usia, wanita hamil, penyandang disabilitas,  gangguan fungsi tulang belakang atau hati, orang dengan mata atau pernapasan yang sensitive, serta mereka yang memiliki kondisi medis serius lainnya.

 

Taman Nasional BaluranTaman Nasional Baluran

Tempat wisata di banyuwangi lainnya yang juga tak kalah populernya adalah Taman Nasional Baluran. Semakin hits karena Raisa gunakan untuk syuting video klip Raisa “Jatuh Hati”. Pemandangan padang savana ala Afrika yang seolah-olah ada di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Nasional Baluran. Meskipun Taman Nasional Baluran secara teknis merupakan bagian dari Kabupaten Situbondo, namun letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi membuat Baluran sebagai salah satu objek wisata yang wajib Kamu kunjungi saat liburan di Banyuwangi. Taman Nasional Baluran berjarak sekitar satu setengah jam perjalanan dari Banyuwangi. Selain menikmati sabana ala Afrika di Baluran, Kamu juga bisa melihat kawanan rusa lucu dan satwa liar lainnya.

 

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Menyebut tempat wisata di banyuwangi belum lengkap jika tidak menyebutkan pantainya juga mengingat Banyuwangi memiliki banyak Pantai yang indah. Jadi mari kita bahas tentang Pantai Pulau Merah yang terkenal banget di Banyuwangi. Pantai ini mendapatkan nama “Pulau Merah” karena keunikannya. Tak jauh dari pantai terdapat “pulau” kecil dengan bukit-bukit tinggi, dan pulau itu mempunyai tanah berwarna merah. Pulau Merah juga dapat Kamu akses dengan berjalan kaki saat permukaan laut surut sehingga memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi pantai. Namun selain pulau merahnya yang unik, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus sehingga sangat cocok untuk bermain-main anak-anak Kamu. Juga hits di kalangan penggemar selancar sebagai pantai dengan ombak yang  indah dan cocok untuk berselancar.

 

Green Bay

Green Bay

Sesuai dengan namanya, Teluk Hijau (Green Bay) terletak di dalam Taman Nasional dan merupakan teluk dengan perairan biru kehijauan yang indah dan pasir putih yang lembut. Teluk ini dikelilingi kawasan hijau sehingga memberikan keindahan panorama yang semakin mempesona. Karena terletak di dalam taman nasional, Kamu bisa menjumpai monyet di pantai. Oleh karena itu, pastikan semua barang bawaan Kamu aman dan jangan memberi makan mereka ya.

 

Desa Wisata Osing

Desa Wisata Osing

Destinasi wisata menarik lainnya di banyuwangi adalah Desa Wisata Osing. Kamu bisa mengenal dan menikmati gaya hidup masyarakat Osing yang tinggal di Banyuwangi. Di desa ini, adat istiadat masyarakat Osing masih lestari dan menjadi kebanggaan banyuwangi.

Baca Juga :

Article Zone

Berita Terbaru Wisatajatim